Gula dalam darah diperlukan untuk menyuplai energi yang sebelumnya harus diproses terlebih dulu oleh pancreas. Ketika kadar gula dalam darah seseorang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, pankreas sering mengalami penurunan fungsi sehingga asupan gula yang diperoleh dari beragam jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi menjadi justru membahayakan kesehatan tubuh.

Kondisi kelebihan kadar gula darah ini bisa disebut juga dengan penyakit diabetes, dimana penyakit ini sudah banyak diderita oleh banyak orang, tidak hanya di Indonesia saja tetapi juga dibelahan bumi lain.

Salah satu penyebab dari diabetes ini adalah gaya hidup yang kurang teratur, konsumsi makanan yang berlebihan namun tidak diimbangi dengan olah raga secara rutin. Ada juga faktor resiko lain yakni karena faktor keturunan.

Tingginya kadar gula dalam darah bisa diketahui secara pasti ketika seseorang melakukan cek gula darah. Kadar gula darah yang normal adalah dibawah 200 mg/dl, dan idealnya berada di kisaran 130 mg/dl.

Permasalahan yang sering dialami adalah tingginya kadar gula dalam darah, jika di atas 200 mg/dl maka sudah seharusnya anda untuk segera mengupayakan agar kadar tersebut bisa turun secara bertahap. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan.

  • Bawang putih

Para ahli kesehatan telah sepakat bahwa bawang putih memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus juga kadar kolesterol jahat.

Bawang putih juga sangat mudah untuk diperoleh karena di setiap dapur hampir selalu ada benda yang memiliki bau sedikit menyengat ini. Cara mengkonsumsinya bisa dicampurkan dengan sup atau bisa langsung diminum seperti ketika anda mengkonsumsi pil.

  • Alpukat

Mengkonsumsi buah alpukat tidak hanya akan membuat kulit anda menjadi lebih halus dan sehat, tetapi juga bermanfaat untuk membantu menurunkan gula darah secara alami. Mengkonsumsi buah alpukat sebelum makan atau sebagai pengganti camilan akan membuat anda merasa lebih puas dan kenyang, sehingga tidak akan mengkonsumsi makanan terlalu banyak, hal inilah yang diharapkan bisa membantu anda mengontrol nafsu makan agar tidak terlalu berlebihan.

  • Kacang almond

Selain memiliki rasa yang gurih, kacang almond juga sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula berlebih dalam darah. Konsumsilah kacang almond dengan tidak berlebihan sehingga kadar gula darah anda bisa turun secara bertahap. Anda bisa mengkonsumsinya langsung sebagai camilan atau bisa juga dicampurkan pada hidangan lainnya.

Beberapa Cara menurunkan kadar gula darah secara alami menggunakan bahan-bahan alami yang aman dan mudah untuk didapatkan. Untuk dapat menjaga kadar gula darah agar selalu normal maka jangan lewatkan kesempatan untuk berolah raga sesuai dengan kondisi tubuh dan juga usia anda.

Pola Hidup Sehat Untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *